Cara Membuat Website Sendiri

  • Whatsapp
Cara Membuat Website

Anandachakim.com – Saat mencari informasi di internet, tentunya akan muncul beberapa nama website yang berbeda-beda. Anda juga bisa membuat sebuah website seperti itu sendiri. Bagaimana cara blogger membuat website sendiri? Bagaimana cara membuat website yang benar? Berikut berbagai ulasan menarik tentang website.

Apa itu Blogger?

Anda tentunya tidak asing lagi dengan nama tersebut. Bloger merupakan nama yang diambil dari kata “blog”. Nama tersebut mempunyai pengertian sebuah karya berupa tulisan, baik berisi info, tips ataupun riview yang diunggah ke dalam internet.

Sedangkan “blogger” berarti orang yang membuat suatu blog. Dengan kata lain, blogger adalah orang yang membuat konten kemudian diunggah dalam internet. Baik untuk kepentingan umum ataupun kepentingan pribadi.

Menjadi seorang blogger merupakan pekerjaan mudah. Namun, jika ditekuni akan menghasilkan sejumlah uang dengan berbagai macam nominal. Saat ini jumlah blogger di Indonseia tidak terhitung jumlahnya. Bahkan bisa jutaan.

Cara Membuat Blog Sendiri dengan WordPress (Self Hosting)

Saat membuat blog menggunakan WordPress, tentunya harus melakukan cara membuat website yang benar. Jangan khawatir, langkah yang dilakukan terbilang mudah. Berikut cara membuat blog sendiri dengan menggunakan WordPress:

1. Tentukan Topik pada Website yang Dibuat

Topik merupakan inti dari blog yang akan dibuat. Semakin manarik isi dari blog tersebut, akan semakin banyak pula pengunjung yang membacanya. Topik sebagai pondaasi utama pada website yang akan dibuat. Saat membuat sebuah topik Anda juga harus paham dengan topik yang Anda buat.

Sebaiknya gunakan konten yang berlaku untuk jangka panjang. Sehingga, konten itu tidak akan lekang oleh waktu. Usahakan kontennya sesuai dengan yang Anda minati. Jadi, akan merasa nyaman saat membuat isi sebuah blog.

Ada juga orang yang mengatakan topik tertentu akan lebih sering dibaca netizen. Jangan terlalu percaya oleh pendapat tersebut. Karena setiap orang mempunyai ciri khas konten yang berbeda-beda. Beberapa topik yang bisa digunakan antara lain, budaya, fashion, kesehatan, musik dan masih banyak lagi.

2. Wordpres Sebagai Platform Blog Terbaik

Langkah berikutnya adalah membuat akun pada Wordpres.com. Saat masuk ke dalam menu tersebut, diberikan pilihan log in dan juga sigh in. Pilihlah sigh in untuk membuat blog baru. Setelah itu, Anda akan diminta menuliskan email.

Setelah email diisi, akan diberikan sebuah kode verifikasi tetentu. Anda tinggal masuk ke dalam email tersebut dan kemudian melakukan verifikasi dengan mengklik link yang sudah disediakan. Dan blog baru siap digunakan.

Proses yang terbilang mudah bahkan untuk pemula. Setelah blog jadi, hanya perlu mengunggah sebuah artikel menarik di dalamnya. Usahakan membuat artikel baru setiap harinya agar konten dalam blog menjadi banyak.

3. Tentukan Nama Domain Sendiri “Self Hosting”

Langkah berikutnya untuk cara membuat website adalah membuat domain berbayar ataupun gratisan. Jika Anda menggukan WordPress sebagai domain, maka di belakang alamat akan terdapat sebuah kata dengan imbuhan “.wordpress.com”.

Kalau dibuat contoh seperti ini “namawebsite.wordpress.com”. Tampilan tersebut tentunya tidak menarik. Perlu kiranya memilih sebuah domain yang tepat agar blog kelihatan lebih bagus. Untuk membuat domain sendiri tentunya Anda harus membeli dengan nominal tertentu. Namun, nominal uang tersebut bervariasi. Pilihlan harga yang sekiranya terjangkau. Untuk saran, pilihlan dengan harga yang paling murah. Jika blog sudah dikenal bisa diganti dengan harga di atasnya.

Website yang menggunakan domain akan manjadi lebih simpel. Tulisan WordPress di belakangnya akan hilang, sebagai contoh “namawebsite.com”. Nama tersebut kelihatan lebih simpel dan lebih terpercaya jika orang membuka website yang dibuat.

4. Pilih Nama Website yang Sesuai Tema

Memilih nama website terbilang mudah. Anda hanya perlu menulis nama sesuai dengan keinginan. Namun, jika nama tidak menarik bisa jadi pengunjung akan merasa kurang percaya pada tulisan yang Anda publikasikan.

5. Pastikan Nama Website Mudah Dieja

“kjyas.com” nama ini susah untuk dibaca. Orangpun merasa kurang yakin dengan nama tersebut. Perlu kiranya memberikan nama yang mudah diingat. Misalnya, jika Anda hobi dengan otomotif maka bisa memberikan sebuah nama “motorkeren.com”.

6. Buat Nama yang Singkat

Nama yang singkat membuat orang mudah mengingat website yang Anda buat. Walaupun setiap website diberikan batas maksimal 63 karakter. Namun, jangan terlalu singkat, buatlah setidaknya 10 karakter. Misalnya saja “Jasaamanah.com”.

7. Hindari Penggunaan Angka dan Tanda Kurung

Aneh rasanya jika membuat nama website menggunakan tanda kurung. Begitu pula jika menggunakan angka. Orang akan susah menghafal nama dari website yang dibuat. Jadi gunakan kata yang mudah diingat, singkat dan menarik.

Anda juga tidak bisa membuat nama website sesuka hati. Bisa jadi nama tersebut sudah dipakai oleh website lain. Jika hal tersebut terjadi maka gunakan nama lain. Dan pastikan sesuai dengan isi konten di dalamnya.

8. Menginstal Tema yang Sesuai

Membuat tema merupakan bagian cara membuat website yang wajib. Hal ini sangat penting. Tampilan WordPress yang diberikan tema akan jauh berbeda dengan yang polosan. Pertama kali, orang akan melihat tema Anda. Jika dirasa bagus, orang akan percaya dengan kualitas website yang dibuat.

Ada dua pilihan tema yang bisa digunakan. Tema gratis dan juga tema premium. Untuk tema gratis, Anda bisa menggunakan langsung dalam menu WordPress. Namun, Untuk jenis permium harus mencari sendiri dari pihak ke tiga yang menyediakan.

Cara mengganti tema terbilang mudah. Dengan memilih menu Appearance kemudian pilih Theme dan Add New. Anda akan diarahkan kevhalaman tema dengan banyak pilihan. Pilih tema yang seuai dengan topik yang Anda bahas pada website yang dibuat.

9. Menginstal Plugins dan Beberapa Pengaturan

Plugin merupakan solusi untuk memaksimalkan cara kerja WordPress. Dengan menginstalnya Anda akan mendapat banyak menu tambahan yang bisa digunakan. Hal sederhana ini memberikan dampak yang besar bagi website yang Anda bangun. Misalnya saja:

  • Dapat membuat page baru dengan menu tambahan seperti, about, kontak, privacy, dan menu lainnya.
  • Memberi pengaturan untuk widget di side bar.
  • Menentukan posisi link untuk menu kategori sesuai kesukaan Anda.
  • Menambahkan gambar atau logo website.

Memasang plugin memang tidak wajib, namun hal tersebut juga penting untuk mendukung website. Ada beberapa jenis plugin yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan kinerja website tersebut. diantaranya:

Sesuaikan plugin dengan kebutuhan website yang dibuat. Jika dirasa perlu, tidak ada salahnya memasang semuanya. Dengan begitu akan banyak kemudahan saat diperlukan.

10. Mulai Membuat Konten

Membuat konten memang pekerjaan mudah, namun apakah konten tersebut laku? Tentunya tidak ada yang bisa menjamin. Pastikan Anda membuat konten dengan kriteria tertentu yang bisa meningkatkan pencarian pada halaman utama. Seperti pemilihan keyword yang tepat.

Cara membuat website memang tidak sesulit yang diperkirakan. Hanya dengan beberapa langkah, website idaman Anda akan selesai dibuat. Isi, tampilan, kinerja dari website tersebut tergantung dari kreatifitas Anda sebagai konten creator.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *