Apa Itu Backlink? Pengertian dan Manfaatnya

  • Whatsapp
Backlink

Anandachakim.com – Setiap kali berselancar di internet, seringkali ditemukan sebuah link di dalam kolom atas pencarian. Banyak yang belum memahami bahwa itu adalah backlink. Perlu kiranya Anda mengetahui apa itu backlink sehingga tidak binggung saat mencari alamat website tertentu. Untuk itu simak pengertian dan 10 manfaat penempatan backlink yang baik berikut ini.

Pengertian Backlink Secara Umum

Secara umum, backlink merupakan link masuk ke dalam sebuah situs dengan cara mengklick pada link yang disediakan. Sehingga, ini akan muncul otomatis tanpa menulisnya di alamat pencarian. Namun, arah dari link sendiri tergantung dari pembuatnya.

Bacaan Lainnya

Secara terminologi, backlink diartikan sebagai link yang tidak dapat dihindari saat Anda memilih suatu menu dalam website tertentu. Baik berupa halaman web, situs, direktori ataupun domain yang digunakan dari web lain. “Pranala balik” merupakan nama lain dari backlink.

Intinya, backlink adalah tautan yang mengarahkan Anda dalam situs tertentu. Baik situs aktif maupun situs pasif. Arah dari link tersebut sengaja di buat oleh pengguna web. Baik untuk kepentingan pribadi atau kepentingan umum.

Jenis-Jenis Backlink yang Harus Diketahui

Saat Anda meletakkan ataupun bertanya, apa itu backlink. Maka diberikan 2 pilihan jenis backlink yang bisa digunakan. Kegunaan backlink memang tidak jauh beda. Namun, memiliki tampilan yang berbeda. Berikut ulasannya:

1. Backlink Dofollow

Backlink aktif merupakan nama lain dari backlink dofollow. Saat Anda mengklik gambat ataupun link, akan diarahkan ke dalam suatu link tertentu. Dengan kata lain, Anda akan berpindah alamat website. Hal ini menjadi keuntungan pada pemberi backlink tersebut.

Sudah banyak contoh dalam website yang menggunakan backlink jenis ini. Baik secara sadar atau tidak sadar Anda telah banyak menemukannya. Kebanyakan orang menggunakannya untuk menambah jumlah view pada blog pribadinya.

2. Backlink Nofollow

Baklink nofollow merupakan kebalikan dari backlink dofollow. Anda tidak bisa mengklink backlink jenis ini. “Backlink pasif” merupakan sebutan lain dari backlink nofollow. Jika Anda ingin mengunjungi link tersebut, maka bisa menyalin terlebih dahulu kemudian memasukkan alamat dalam kolom pencarian.

Jarang orang meggunakan backlink jenis ini. Dikarenakan pengunjung merasa malas untuk menyalin link tersebut. Lain halnya dengan backlink dofollow. Orang lebih mudah dan tinggal melakukan satu sentuhan saja untuk menuju link tersebut.

Bagaimana Cara Cek Backlink?

Seperti pembahasan di atas, dapat disimpulkan dengan mudah bagaimana mengecek sebuah backlink yang ada. Walaupun hampir semua backlink yang ada menggunakan jenis dofollow.

Jika bisa diklik, maka menggunakan jenis dofollow. Sebaliknya, jika tidak berarti menggunakan nofollow. Backlink nofollow kebanyakan digunakan untuk memberikan daftar situs yang sedang dicari orang. Biasanya terdapat beberapa pilihan.

Manfaat Backlink Untuk Blogger

Jika Anda memasang sebuah backlink pada blog yang Anda miliki. Maka secara tidak langsung akan memberikan beberapa perubahan positif di dalamnya. berikut ulasan singkat mengenai manfaat sebuah backlink untuk blogger yang bisa menjawab pertanyaan apa itu backlink.

1. Penyeimbang Blog

Jika Anda memasang sebuah backlink, maka sebuah blog akan aman dari ganggunan spam. Dengan begitu, kinerja sebuah blog juga akan stabil. Walaupun efek ini tidak terlalu terasa, namun Anda juga perlu memperhatikannya.

Untuk itu, perlu kiranya membuat sebuah backlink dengan matang dan tidak asal-asalan. Semakin bagus ketepatan penempatan backlink, maka akan berdampak baik pada blog yang Anda publikasikan. Bisa jadi blog tersebut popularitasnya naik.

2. Untuk Meningkatan Rangking

Rating yang naik merupakan impian semua blogger. Rank yang bagus akan membuat blog tersebut menduduki peringkat atas pada pencarian Google. Semakin banyak backlink bisa jadi kesempatan tersebut menjadi besar.

Perlu diperhatikan, kualitas dari backlink juga perlu diperhatikan. Jangan asal-asalan dalam menempatkan backlink tersebut. Bisa jadi seorang pembaca akan bosan dengan banyaknya tampilan backlink yang ada.

3. Untuk Memperkuat Posisi Blog

Dengan backlink yang tepat, blog Anda akan menempati jajaran urutan pertama suatu blog. Sehingga, membuat artikel lebih terkenal. Karena saat melihat konten nomor 1 pastinya nemempatkan banyak pilihan backlink.

Semakin terkenal blog, maka bisa menaikkan popularitas artikel lain dalam blog tersebut. Akan tetapi, hal tersebut juga tergantung pada kata kunci yang dimasukan oleh netizen saat mencari sebuah informasi dari internet.

4. Meningkatkan DA dan PA

Semakin bagus penempatan backlink akan membuat sebuah artikel lebih terpercaya. Setiap kali pengunjung mencari data, bisa jadi artikel Anda menjadi saran utama. Oleh karena itu, berikan yang terbaik pada artikel yang Anda buat.

Tidak mungkin memberikan sesuatu yang buruk pada konten yang diberikan. Jika itu terjadi maka bisa menyebabkan penggunjung enggan melihat konten yang dibuat. Dan akan mengakibatkan penurunan popularitas.

5. Meningkatkan Pengunjung

Kebanyakan pengguna google hanya membuka pada halaman utama. Di sinilah manfaat berikutnya yang Anda dapatkan. Dengan menggunakan backlink, blog bisa jadi muncul di 10 besar pada halaman pencarian. Sehingga Anda tidak perlu bertanya lagi, apa itu backlink.

Perlu diingat, semua pengguna blog tentunya memiliki pemikiran yang sama. Sehingga akan sedikit sulit untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, tambakanlah beberapa hal yang lebih mendukung. Misalnya saja pemilihan keyword yang tepat.

6. Membangun Otoritas Situs

Dengan menempatkan backlink pada website yang Anda buat, secara tidak langsung artikel akan terangkat dan bisa berkoneksi langsung dengan artikel lain. Artikel tersebut akan memberikan informasi dengan cara memberikan link menuju halaman yang dimiliki.

Berikanlah backlink yang alami. Dalam artian backlink tersebut tidak terlihat memaksa. Serta pilihlah kata-kata yang tepat saat mengaitkan link tersebut. Baik dofollow ataupun nofollow. Keduanya memiliki peran penting pada suatu website.

7. Jalan Menambah Pengunjung

Tidak semua saran di internet melalui Google. Namun, ada beberapa tempat lain yang juga menyediakan hal tersebut. Seperti, Yahoo, Big, Amazon dan lain sebagainya. Semakin banyak orang melakukan pencarian, semakin baik pola pencarian tersebut.

Pencarian juga bisa dilakukan di dalam sebuah website. Pencarian tersebut merupakan jalan untuk menambah presentase blog yang inginkan. Begitu pula penempatan backlink. Menjadi jalan utama menuju website yang dibuat.

8. Link Jangka Panjang

Sekali nemempatkan backlink, Anda akan mendapat hasilnya selama bertahun-tahun. Namun, perlu digaris bawahi konten yang dibuat harus berlaku sepanjang masa. Karena Google biasanya mencarikan informasi dari sumber terbaru.

9. Membuat Hubungan dengan Situs Lain

Dengan membuat backlink, maka kedua website bisa saling terhubung. Hal tersebut akan berakibat baik pada peningkatan jumlah pengunjung. Karena dalam sekali membuka, pembaca secara tidak langsung akan membuka dua link yang berlainan.

10. Pengakuan Brand

Saat Anda mencantumkan backlink dari situs lain, maka situs tersebut memiliki kesempatan bagus untuk bisa menaikan rating. Begitu pula sebaliknya, jangan secara acak menempatkan backlink tersebut. Gunakan posisi yang tepat, baik dalam gambar ataupun tulisan.

Ulasan di atas tentunya sudah menjawab pertanyaan Anda mengenai apa itu backlink. Baik pengertian, manfaat ataupun bagaimana cara menggunakannya. Sehingga akan lebih mudah lagi dalam mengelola sebuah blog yang sedang berjalan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *